Mimbar GRC Intan Jaya

Mimbar GRC Intan Jaya | Kubah mesjid adalah faktor bangunan masjid dengan format khas setengah lingkaran yang biasanya terletak di komponen tertinggi sebagai atap bangunan sekaligus sebagai ornamen arsitektur yang menjadi identitas masjid tempat ibadah umat muslim. Sekalipun demikian tidaklah harus tiap-tiap masjid mesti menggunakan kubah dan sebaliknya banyak pula bangunan bukan mesjid yang mengaplikasikan kubah sebagai ornamen arsitektural.

Mimbar GRC Intan Jaya

Mimbar GRC Intan Jaya


Mimbar GRC Intan Jaya
Dari berjenis-jenis material kubah mesjid yang kita ketahui, kubah GRC merupakan tipe kubah yang cukup populer pada saat ini terutamanya untuk menggantikan kubah mesjid dari beton bertulang. Kubah GRC diwujudkan dari material beton GRC (Glassfibre Reinforce Concrete) yang adalah pengembangan teknologi beton adalah macam beton fiber dengan penguat serat fiberglass. Keunggulan sifat beton GRC ialah lebih ringan dan ulet tetapi konsisten kokoh sehingga dapat dicetak dalam format lembaran tipis yang sebelumnya tak bisa dipakai pada beton lazim.
Kubah Mesjid dari material GRC

Mimbar GRC Intan Jaya
Seperti diketahui untuk membikin kubah masjid dari beton konvensional yaitu sama dengan membikin struktur beton bertulang secara cast in situ, memerlukan banyak tingkatan kerja yang membutuhkan waktu dan biaya seperti mengukur lokasi, membikin bekisting, memasang perancah, membentuk penulangan hingga pengecoran beton dan cara kerja curing. Setelah selesai masa curing pada standar usia beton 28 hari barulah bekisting bisa diungkap dan selanjutnya dikerjakan progres finishing.
Sekiranya ditinjau dari segi waktu mulai persiapan sampai pembongkaran bekisting secara normal rata-rata butuh waktu 2 bulan cuma untuk profesi kubah masjid saja. Itu baru ditinjau dari segi waktu belum dihitung dari segi rupiah yang pastinya lebih boros biaya.
Mimbar GRC Intan Jaya
Dengan memilih kubah GRC sebagai kubah masjid karenanya pengerjaan pembangunan mesjid akan jauh lebih singkat sebab beberapa item pekerjaan proyek dapat dikerjakan secara pararel dimana pelaksanaan pembuatan kubah grc dijalankan di workshop dan pada ketika yang sama di lokasi proyek masih dalam tahap profesi kolom struktur bangunan mesjid. Sesudah lokasi telah siap barulah kubah GRC dipasang dan cuma butuh waktu singkat sekitar 1-2 minggu kubah mesjid sudah selesai terpasang tinggal pengecatan akhir saja.

Mimbar GRC Intan Jaya

Jika dirinci lebih lanjut kurang lebih ada 9 keunggulan menggunakan kubah GRC sebagai kubah masjid :

1.Lebih Cepat : Waktu pembangunan masjid lebih singkat karena dikerjakan di workshop tanpa mengganggu proses konstruksi yang sedang berjalan sedang pemasangan kubah GRC di lokasi proyek relatif cepat.

2.Lebih Hemat : Biaya pembuatan kubah GRC lebih murah dibanding kubah mesjid dari beton bertulang termasuk pula menghemat tarif struktur sehingga dana yang ada dapat dialokasikan untuk item yang lain misal krawangan, ornamen pilar, ornamen kaligrafi dan sebagainya.

3.Lebih Ringan : Material GRC lebih ringan daripada beton bertulang sehingga mengurangi beban struktur yang artinya lebih hemat tarif struktur bangunan dan relatif lebih bendung gempa.

4.Lebih Kokoh : Kubah GRC dihasilkan dari beton fiber yang juga memiliki sifat keunggulan beton yakni kokoh dalam membendung bobot/benturan dan bendung cuaca dibanding kubah mesjid dari material kecuali beton.

5.Lebih Awet : Dibanding kubah masjid dari material lain kubah GRC sama awetnya dengan kubah beton bertulang yang awet puluhan tahun.

6.Lebih Presisi : Kubah GRC diciptakan secara via pengerjaan cetak menerapkan moulding di workshop sehingga bentuk kubah dijamin lebih presisi ketimbang kubah beton bertulang yang memakai bekisting di lokasi.

7.Lebih Fleksibel : Dibanding kubah beton, progres desain kubah GRC yang dilakukan di workshop dengan sistem cetak mempunyai keunggulan kubah mesjid bisa lebih fleksibel dalam wujud dan variasi motif yang dikehendaki. Finishing kubah GRC juga bisa memakai cat eksterior seperti beton bertulang pada umumnya.

8.Lebih Terjamin : Seperti halnya beton precast, pelaksanaan pembuatan kubah GRC di workshop mempermudah proses pengawasan sehingga kualitas produk bisa lebih terjamin dibandingi kubah beton bertulang yang dikerjakan secara in situ di lokasi.

9.Lebih Mudah : Sebab mempunyai sifat seperti beton maka kubah GRC juga mudah dalam pemeliharaan rutin tiap-tiap tahunnya termasuk dalam pengerjaan pembetulan bila terjadi kerusakan kecil.

Mimbar GRC Intan Jaya

Mimbar GRC Intan Jaya


Mimbar GRC Intan Jaya
Kubah GRC dibuat dengan struktur rangka baja berupa pigura dari pipa baja galvanis bendung karat yang di bentuk melengkung menerapkan mesin roll khusus kemudian dibentuk menjadi sebuah rangka kubah dengan sistem pengelasan penuh/full welding. Sesudah frame terwujud karenanya pada spot sambungan las dicat zincromate agar bendung karat.
Tahap selanjutnya lembaran2 cladding GRC yang telah dicetak di workshop sebagai segment penutup kubah, dibentuk satu persatu hingga bulatan kubah mesjid terbentuk total layak gambar kerja. Pengerjaan pencetakan cladding GRC menerapkan moulding di workshop memungkinkan kubah masjid bisa disusun dengan motif yang bervariasi. Sesudah penyusunan cladding GRC kubah masjid selesai karenanya dijalankan finishing pengecatan pantas keinginan klien.

Mimbar GRC Intan Jaya
Pada dikala ini mengorder kubah GRC untuk elemen bangunan masjid, bangunan monumental atau bangunan publik lainnya sangatlah mudah, ada banyak sekali produsen kubah GRC yang bisa anda pilih melalui media internet. Tinggal lihat handphone, buka google dan ketik keyword kubah GRC mesjid insyaAllah telah banyak alternatif di tangan anda.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih

admin kubahvariasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp CHAT WhatsApp KLIK DISINI