Menara GRC Ende

Menara GRC Ende | Kubah mesjid yaitu unsur bangunan mesjid dengan format khas separo lingkaran yang biasanya terletak di bagian tertinggi sebagai atap bangunan sekalian sebagai ornamen arsitektur yang menjadi identitas mesjid daerah ibadah umat muslim. Sekalipun demikian tidaklah sepatutnya setiap mesjid patut memakai kubah dan sebaliknya banyak pula bangunan bukan masjid yang menerapkan kubah sebagai ornamen arsitektural.

Menara GRC Ende

Menara GRC Ende


Menara GRC Ende
Dari berjenis-jenis material kubah mesjid yang kita ketahui, kubah GRC adalah variasi kubah yang cukup populer pada dikala ini terutama untuk menggantikan kubah masjid dari beton bertulang. Kubah GRC dihasilkan dari material beton GRC (Glassfibre Reinforce Concrete) yang ialah pengembangan teknologi beton yaitu tipe beton fiber dengan penguat serat fiberglass. Keunggulan sifat beton GRC yaitu lebih ringan dan ulet melainkan konsisten kokoh sehingga dapat dicetak dalam bentuk lembaran tipis yang sebelumnya tak dapat diaplikasikan pada beton umum.
Kubah Mesjid dari material GRC

Menara GRC Ende
Seperti diketahui untuk membikin kubah mesjid dari beton konvensional adalah sama dengan membikin struktur beton bertulang secara cast in situ, membutuhkan banyak jenjang kerja yang memerlukan waktu dan biaya seperti mengukur lokasi, membuat bekisting, memasang perancah, menyusun penulangan hingga pengecoran beton dan pengerjaan curing. Setelah selesai masa curing pada standar umur beton 28 hari barulah bekisting bisa dibongkar dan selanjutnya dikerjakan progres finishing.
Bila ditinjau dari segi waktu mulai persiapan sampai pembongkaran bekisting secara normal rata-rata butuh waktu 2 bulan cuma untuk profesi kubah mesjid saja. Itu baru ditinjau dari segi waktu belum dihitung dari segi rupiah yang pastinya lebih boros biaya.
Menara GRC Ende
Dengan memilih kubah GRC sebagai kubah masjid karenanya proses pembangunan masjid akan jauh lebih singkat karena sebagian item profesi proyek bisa dilakukan secara pararel dimana progres pembuatan kubah grc dikerjakan di workshop dan pada ketika yang sama di lokasi proyek masih dalam tahap profesi kolom struktur bangunan masjid. Setelah lokasi sudah siap barulah kubah GRC dipasang dan hanya butuh waktu singkat sekitar 1-2 minggu kubah mesjid telah selesai terpasang tinggal pengecatan akhir saja.

Menara GRC Ende

Jikalau dirinci lebih lanjut kurang lebih ada 9 keunggulan memakai kubah GRC sebagai kubah masjid :

1.Lebih Cepat : Waktu pembangunan mesjid lebih singkat sebab dilakukan di workshop tanpa mengganggu cara kerja konstruksi yang sedang berjalan sedang pemasangan kubah GRC di lokasi proyek relatif pesat.

2.Lebih Hemat : Biaya pembuatan kubah GRC lebih murah dibanding kubah mesjid dari beton bertulang termasuk pula menghemat biaya struktur sehingga dana yang ada dapat dialokasikan untuk item yang lain misal krawangan, ornamen pilar, ornamen kaligrafi dsb.

3.Lebih Ringan : Material GRC lebih ringan ketimbang beton bertulang sehingga mengurangi muatan struktur yang artinya lebih hemat biaya struktur bangunan dan relatif lebih bendung gempa.

4.Lebih Kokoh : Kubah GRC dibuat dari beton fiber yang juga memiliki sifat keunggulan beton ialah kokoh dalam menahan muatan/benturan dan tahan cuaca dibanding kubah masjid dari material selain beton.

5.Lebih Awet : Dibanding kubah masjid dari material lain kubah GRC sama awetnya dengan kubah beton bertulang yang awet puluhan tahun.

6.Lebih Presisi : Kubah GRC diciptakan secara melewati pengerjaan cetak menggunakan moulding di workshop sehingga format kubah dijamin lebih presisi ketimbang kubah beton bertulang yang menggunakan bekisting di lokasi.

7.Lebih Fleksibel : Dibanding kubah beton, cara kerja desain kubah GRC yang dijalankan di workshop dengan sistem cetak mempunyai keunggulan kubah masjid bisa lebih fleksibel dalam wujud dan variasi motif yang dikehendaki. Finishing kubah GRC juga bisa mengaplikasikan cat eksterior seperti beton bertulang pada umumnya.

8.Lebih Terjamin : Seperti halnya beton precast, cara kerja pembuatan kubah GRC di workshop memudahkan cara kerja pengawasan sehingga mutu produk bisa lebih terjamin diperbandingkan kubah beton bertulang yang dikerjakan secara in situ di lokasi.

9.Lebih Mudah : Sebab memiliki sifat seperti beton karenanya kubah GRC juga mudah dalam pemeliharaan rutin tiap-tiap tahunnya termasuk dalam cara kerja perbaikan seandainya terjadi kerusakan kecil.

Menara GRC Ende

Menara GRC Ende


Menara GRC Ende
Kubah GRC dihasilkan dengan struktur rangka baja berupa bingkai dari pipa baja galvanis tahan karat yang di bentuk melengkung menggunakan mesin roll khusus kemudian dibentuk menjadi sebuah rangka kubah dengan metode pengelasan penuh/full welding. Setelah frame terbentuk karenanya pada spot sambungan las dicat zincromate supaya bendung karat.
Tahap selanjutnya lembaran2 cladding GRC yang telah dicetak di workshop sebagai segment penutup kubah, dibentuk satu persatu hingga bulatan kubah masjid terwujud total layak gambar kerja. Pengerjaan pencetakan cladding GRC menggunakan moulding di workshop memungkinkan kubah mesjid bisa dibentuk dengan motif yang bervariasi. Setelah penyusunan cladding GRC kubah masjid selesai karenanya dijalankan finishing pengecatan sesuai kemauan klien.

Menara GRC Ende
Pada dikala ini memesan kubah GRC untuk unsur bangunan masjid, bangunan monumental atau bangunan publik lainnya sangatlah mudah, ada banyak sekali produsen kubah GRC yang dapat anda pilih lewat media internet. Tinggal lihat handphone, buka google dan ketik keyword kubah GRC masjid insyaAllah telah banyak alternatif di tangan anda.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekaligus. Terimakasih

admin kubahvariasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Person CHAT WhatsApp KLIK DISINI