GRC Krawangan Bandar Lampung

GRC Krawangan Bandar Lampung | Kubah mesjid yakni faktor bangunan masjid dengan format khas separuh lingkaran yang lazimnya berlokasi di komponen tertinggi sebagai atap bangunan sekaligus sebagai ornamen arsitektur yang menjadi identitas mesjid daerah ibadah umat muslim. Sekalipun demikian tidaklah harus tiap-tiap masjid semestinya menggunakan kubah dan sebaliknya banyak pula bangunan bukan mesjid yang mengaplikasikan kubah sebagai ornamen arsitektural.

GRC Krawangan Bandar Lampung

GRC Krawangan Bandar Lampung


GRC Krawangan Bandar Lampung
Dari berjenis-jenis material kubah masjid yang kita kenal, kubah GRC yakni macam kubah yang cukup populer pada ketika ini terpenting untuk menggantikan kubah masjid dari beton bertulang. Kubah GRC diciptakan dari material beton GRC (Glassfibre Reinforce Concrete) yang ialah pengembangan teknologi beton ialah ragam beton fiber dengan penguat serat fiberglass. Keunggulan sifat beton GRC yakni lebih ringan dan ulet tetapi konsisten kokoh sehingga dapat dicetak dalam wujud lembaran tipis yang sebelumnya tak bisa diaplikasikan pada beton biasa.
Kubah Mesjid dari material GRC

GRC Krawangan Bandar Lampung
Seperti diketahui untuk membikin kubah masjid dari beton konvensional yaitu sama dengan membuat struktur beton bertulang secara cast in situ, memerlukan banyak level kerja yang memerlukan waktu dan biaya seperti mengukur lokasi, membikin bekisting, memasang perancah, menyusun penulangan hingga pengecoran beton dan pengerjaan curing. Setelah selesai masa curing pada standar usia beton 28 hari barulah bekisting dapat dibongkar dan selanjutnya dijalankan cara kerja finishing.
Seandainya ditinjau dari segi waktu mulai persiapan sampai pembongkaran bekisting secara normal rata-rata butuh waktu 2 bulan hanya untuk pekerjaan kubah masjid saja. Itu baru ditinjau dari segi waktu belum dihitung dari segi rupiah yang pastinya lebih boros biaya.
GRC Krawangan Bandar Lampung
Dengan memilih kubah GRC sebagai kubah mesjid karenanya pengerjaan pembangunan mesjid akan jauh lebih singkat sebab beberapa item pekerjaan proyek dapat dilakukan secara pararel dimana cara kerja pembuatan kubah grc dikerjakan di workshop dan pada saat yang sama di lokasi proyek masih dalam tahap profesi kolom struktur bangunan mesjid. Setelah lokasi telah siap barulah kubah GRC dipasang dan cuma butuh waktu singkat sekitar 1-2 minggu kubah masjid telah selesai terpasang tinggal pengecatan akhir saja.

GRC Krawangan Bandar Lampung

Sekiranya dirinci lebih lanjut kurang lebih ada 9 keunggulan memakai kubah GRC sebagai kubah mesjid :

1.Lebih Kencang : Waktu pembangunan masjid lebih singkat karena dikerjakan di workshop tanpa mengganggu pengerjaan konstruksi yang sedang berjalan sedang pemasangan kubah GRC di lokasi proyek relatif cepat.

2.Lebih Hemat : Biaya pembuatan kubah GRC lebih murah dibanding kubah mesjid dari beton bertulang termasuk pula menghemat biaya struktur sehingga dana yang ada bisa dialokasikan untuk item yang lain misal krawangan, ornamen pilar, ornamen kaligrafi dan sebagainya.

3.Lebih Ringan : Material GRC lebih ringan ketimbang beton bertulang sehingga mengurangi muatan struktur yang artinya lebih hemat tarif struktur bangunan dan relatif lebih bendung gempa.

4.Lebih Kokoh : Kubah GRC diciptakan dari beton fiber yang juga mempunyai sifat keunggulan beton merupakan kokoh dalam menahan muatan/benturan dan tahan cuaca dibanding kubah masjid dari material kecuali beton.

5.Lebih Awet : Dibanding kubah masjid dari material lain kubah GRC sama awetnya dengan kubah beton bertulang yang awet puluhan tahun.

6.Lebih Presisi : Kubah GRC dibuat secara via pengerjaan cetak menerapkan moulding di workshop sehingga wujud kubah dijamin lebih presisi daripada kubah beton bertulang yang menggunakan bekisting di lokasi.

7.Lebih Fleksibel : Dibanding kubah beton, cara kerja desain kubah GRC yang dilaksanakan di workshop dengan sistem cetak memiliki keunggulan kubah masjid bisa lebih fleksibel dalam wujud dan jenis motif yang dikehendaki. Finishing kubah GRC juga dapat mengaplikasikan cat eksterior seperti beton bertulang pada biasanya.

8.Lebih Terjamin : Seperti halnya beton precast, cara kerja pembuatan kubah GRC di workshop memudahkan pengerjaan pengawasan sehingga kwalitas produk bisa lebih terjamin dibandingkan kubah beton bertulang yang dilakukan secara in situ di lokasi.

9.Lebih Mudah : Sebab mempunyai sifat seperti beton karenanya kubah GRC juga gampang dalam pemeliharaan rutin tiap tahunnya termasuk dalam cara kerja perbaikan bila terjadi kerusakan kecil.

GRC Krawangan Bandar Lampung

GRC Krawangan Bandar Lampung


GRC Krawangan Bandar Lampung
Kubah GRC dibuat dengan struktur rangka baja berupa pigura dari pipa baja galvanis tahan karat yang di wujud melengkung memakai mesin roll khusus kemudian disusun menjadi sebuah rangka kubah dengan cara pengelasan penuh/full welding. Sesudah frame terwujud karenanya pada titik sambungan las dicat zincromate agar tahan karat.
Tahap selanjutnya lembaran2 cladding GRC yang telah dicetak di workshop sebagai segment penutup kubah, dibentuk satu persatu sampai bulatan kubah mesjid terbentuk total layak gambar kerja. Pelaksanaan pencetakan cladding GRC menggunakan moulding di workshop memungkinkan kubah mesjid dapat disusun dengan motif yang bervariasi. Sesudah penyusunan cladding GRC kubah masjid selesai maka dikerjakan finishing pengecatan layak kemauan klien.

GRC Krawangan Bandar Lampung
Pada ketika ini mengorder kubah GRC untuk faktor bangunan masjid, bangunan monumental atau bangunan publik lainnya sangatlah gampang, ada banyak sekali produsen kubah GRC yang dapat anda pilih melalui media internet. Tinggal lihat handphone, buka google dan ketik keyword kubah GRC mesjid insyaAllah sudah banyak pilihan di tangan anda.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekaligus. Terimakasih

admin kubahvariasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp CHAT WhatsApp KLIK DISINI