GRC KRAWANGAN

GRC Krawangan atau Glassfiber Reinforced Cement adalah bahan komposit yang terdiri dari campuran semen dengan pasir, dipompakan untuk kemudian disemprotkan dan diberi penulangan diberglass. Kandungan fiberglass biasanya 4% menurut berat dalam keadaan basah. Sifat akhir dari bahan GRC yang dicapai tergantung dari beberapa hal, seperti :

grc krawangan

Cara pembuatan. Komposisi Campuran. Tipe Fiberglass yang digunakan.Panjang Potongan Fiberglass.Orientasi Perletakannya.

Sifat-sifat GRC Krawangan yang diuraikan dalam data teknis ini berlaku untuk campuran perbandingan semen, sampai 1:1 dan Fiberglass yang dipergunakan tipe Cem-Fill AR dengan cara produksi disemprotkan atau secara handmix ( diaduk tangan ).
Produk yang tipis membuat komponen GRC  ringan dan memudahkan pengangkutan, penanganan, penyimpaan dan pemasangan.

SPESIFIKASI TEKNIS GRC

Spesifikasi ini berlaku untuk pembuatan GRC dengan cara disemprotkan atau diaduk tangan untuk bagian tertentu. Tipe panel bisa berdinding (kulit) tunggal atau ganda dengan kerangka baja yang dicetak menjadi satu atau tidak. Ternasuk dalam spesifikasi adalah penggunaan GRC untuk cetakan/bekisting yang tidak dibuka.

grc krawangan

Peraturan Bangunan
Isi spesifikasi ini tidak bertentangan dengan peraturan bangunan yang berlaku di Indonesia.

Bahan Baku
Bahan baku yang dipergunakan harus digunakan disimpan menurut petunjuk yang diberikan oleh pembuatnya.

Lingkup Pekerjaan
Tergantung dari kesempatan dengan pemberi tugas, lingkup pekerjaan bisa meliputi: gambar kerja produksi, pengiriman, pembuatan kerangka baja beserta pelengkap pemasangan dan finishing

Contoh
Bila diperlukan, maka contoh harus diberikan paling tidak sebagai dasar penentuan kehalusan permukaan.
Contoh komponen yang akan dibuat bisa disiapkan dalam ukuran yang sebenarnya (skala 1 : 1) atas permintaan pemberi tugas.

Pengujian
Sebelum seluruh komponen pesanan dicetak/dikerjakan, atas permintaan pemberi tugas, bisa dilakukan pengujian dengan cara yang disepakati bersama.

grc krawangan

grc krawangan

Gambar Kerja
Gambar kerja meliputi semua komponen yang diminta pemberi tugas, termasuk gambar detail komponen GRC beserta pelengkap pemasangannya disertai ukuran terperinci, hubungan antara komponen GRC dengan kerangka (kalau ada) atau pada bagian bangunan yang ada. Gambar kerja harus mendapatkan persetujuan dari Perencana atau Pemberi Tugas sebelum dilaksanakan.

Jadwal Kerja
Jadwal kerja pelaksanaan harus disetetujui bersama oleh Pemberi Tugas bersama GRC, disesuaikan dengan jadwal penyelesaian gedung atau proyek.

Standard
Yang dicantumkan disini adalah British Standart atau Ekivalen Standart lain yang bisa diperoleh

GRC Krawangan

GRC Krawangan

grc krawangan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Person CHAT WhatsApp KLIK DISINI